10 Cara Termudah Mengekspresikan Apresiasi Ke Orang Lain Berdasarkan Gary Chapman dan Paul White.

Tahukah kamu bahwa hampir setiap perusahaan yang mewawancarai kamu mencari kualitas kepemimpinan dalam diri kamu?

Apa satu keterampilan kepemimpinan yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang?

Jawabannya adalah kemampuan untuk menghargai seseorang.

Di bawah ini terdapat 10 cara termudah untuk menyampaikan penghargaan kepada sebagian besar orang oleh Gary Chapman dan Paul White.

1. Berikan pujian verbal (ucapkan “terima kasih atas …”; beri tahu mereka, “Saya senang kamu bagian dari tim.”)

Memberikan pujian menjadi cara yang efektif untuk mencairkan suasana. Walaupun kamu baru kenal dengan teman kamu, atau sudah kenal lama, memberikan pujian akan memperdalam hubungan kamu dengan teman kamu. 

2. Tulis email (“Saya hanya ingin memberi tahu kamu …;” Ini sangat membantu saya ketika kamu …. “)

Mengirim email terima kasih kepada rekan kerja mu atas kontribusi mereka, akan membantu merasa mereka dihargai. Menyadari bahwa mereka diingat dan seseorang meluangkan waktu untuk menulis email kepada mereka, akan membuat mereka senang.

3. Berhenti dan lihat bagaimana kinerja rekan kerja kamu. Habiskan beberapa menit untuk mengobrol dan memeriksa keadaan mereka.

Ini bisa menjadi cara yang baik untuk membangun hubungan yang kuat di masa depan. Bertanya kepada seseorang tentang apa yang mereka lakukan dan sebagainya, membuat mereka merasa dihargai dalam organisasi.

4. Lakukan sesuatu bersama rekan kerja kamu (seperti makan bersama.)

Melakukan kegiatan bersama seperti makan siang di waktu istirahat, mengumpul di common area atau aktivitas permainan kelompok akan meningkatkan tingkat persahabatan, yang merupakan dasar kepercayaan yang baik.

5. Lakukan tugas kecil untuk seseorang secara spontan (membuka pintu untuk seseorang, menawarkan untuk membawa sesuatu.)

Ketika kamu melihat rekan kamu membawa barang bawaannya yang banyak dan kesulitan untuk membuka pintu. Bantulah, bukakan pintu untuk nya. Sikap kecil seperti itulah yang akan memberikan kesan bagus kepada mereka.

6. Berhenti di ruang kerja mereka dan lihat apakah mereka membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan sesuatu.

Luangkan sedikit waktu untuk mengunjungi tempat kerja rekan kamu. Menunjukkan rasa kepedulian kita terhadap mereka akan berdampak positif. Ketika seseorang datang ke meja kamu, memang mungkin bisa membuat kamu gugup terutama jika orang yang datang adalah bos kamu. Tetapi ketika mereka menawarkan bantuan mereka kepada kamu, hal itu bisa membuat kamu merasa didukung dan dihargai.

7. Beli kopi, minuman, makanan ringan atau makanan penutup.

Ketika kamu mendapatkan kopi, minuman atau makanan ringan dari rekan kerja kamu. Kamu pasti beranggapan bahwa rekan kerja kamu memikirkan kamu atau setidaknya perhatian kepada kamu. Hal tersebut pasti akan membuat kamu senang, apalagi apabila itu gebetan kamu.. Lumayan lah buat kamu yang mau ngedeketin gebetan.

8. Dapatkan majalah yang terkait dengan bidang minat yang mereka miliki (olahraga, hobi, tempat yang ingin mereka kunjungi.)

Aksi ini menunjukkan bahwa kamu mengingat topik yang disukai oleh rekan kerja kamu. Kemudian, dengan menunjukkan rasa dukungan kepada rekan kerja kamu untuk menulusuri hobi mereka, menjadi bagian yang penting dalam menunjukkan rasa apresiasi kepada seseorang.

9. Beri rekan kerja mu “high five” ketika mereka telah menyelesaikan tugas (terutama untuk tugas yang menantang atau ketika mereka sedang berusaha menyelesaikan tugas tersebut).

Walaupun, sentuhan fisik bisa sangat mengintimidasi di lingkungan kerja. Bentuk kontak fisik seperti high five atau tepukan sederhana di bahu akan membantu rekan kerja kamu merasa dihargai.

10. Sambut rekan kerja kamu dengan hangat, dengan senyum dan jabat tangan. (Katakan sesuatu seperti “Senang melihatmu!”; “Bagaimana harimu?”)

Biasanya, menyapa dan memulai percakapan adalah cara yang baik untuk membangun hubungan jangka panjang. Menemukan persamaan, dan perspektif yang berbeda bisa menjadi pendekatan alternatif yang baik ketika kamu ingin tahu lebih banyak tentang orang tersebut.

Share: