Bagaimana untuk menjadi versi diri kamu yang paling produktif?

Kamu pernah dengar Dwight Eisenhower? Jika belum, pada dasarnya Dwight Eisenhower adalah Presiden Amerika Serikat yang ke-34, berdinas dari tahun 1953 sampai 1961. Beliau merupakan salah satu tokoh yang mendukung beberapa program yang kita semua kenal sekarang sebagai The Exploration of Space (NASA) dan The Defense Advance Research Projects Agency (DARPA), dan lainnya. Bahkan sebelum ia terpilih menjadi presiden, beliau adalah seorang jendral berpangkat lima bintang selama terjadinya perang dunia ke-2.

Untuk mengelolah waktunya, beliau menciptakan sebuah sistem matriks yang sekarang dikenal sebagai The Eisenhower Box.

Sistem matriks Eisenhower, memberikan kemudahan untuk mengelolah tumpukan tugas kamu, kemudian merencanakan tindakan kamu berdasarkan 4 kemungkinan.

  1. Mendesak dan penting (tugas yang kamu akan lakukan segera)
  2. Penting, tetapi tidak mendesak (tugas yang akan kamu jadwalkan kedepan)
  3. Mendesak, tetapi tidak penting (tugas yang akan kamu serahkan ke orang lain)
  4. Tidak mendesak dan tidak penting (tugas yang akan kamu hapus/tinggalkan)

Mengatahui pilihan tugas yang penting dan mendesak akan membantu kamu untuk menentukan prioritas tugas yang mesti kamu serahkan ke orang lain atau hapus/tinggalkan. Kerangka matriks ini menggaris bawahi tindakan yang perlu kamu lakukan untuk setiap tipe pekerjaan. Oleh karena itu, saya rekomendasikan untuk selalu menggunakan matriks ini disaat menghadapi jumlah pekerjaan yang banyak.

Share: