Berencana Sewa Kantor? Ini 6 Kriteria Penting yang Harus Ada di Private Office!

Memiliki sebuah private office adalah impian hampir semua entrepreneur muda yang sedang merintis perusahaan startup. Apalagi kalau bisnis yang sedang digelutinya mulai memberikan keuntungan signifikan.

Namun ternyata, sungguh sulit untuk menemukan suatu layanan sewa kantor privat yang tidak hanya sekadar berkualitas, tetapi juga bermanfaat bagi perusahaan.

Melalui artikel ini, Deskby ingin membantu kamu untuk menemukan kantor impian. Berikut ini adalah beberapa kriteria private office yang berkualitas.

Kriteria 1: Fleksibilitas Sewa Kantor

Fleksibilitas merupakan kriteria yang paling penting untuk memilih sebuah kantor berkualitas. Yang dimaksud fleksibilitas adalah persoalan apakah coworking space menyediakan jasa sewa kantor dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, ada dua jangka waktu yang ditawarkan yaitu per enam bulan dan per tahun.

Perusahan startup tentu memiliki masa naik dan turunnya. Jadi Deskby menyarankan agar kamu menghindari menyewa private office dengan masa sewa per-tahun jika bisnis masih belum stabil karena sangat berisiko.

Lebih baik carilah coworking space yang memiliki metode pembayaran secara per enam bulan saja.

Kriteria 2: Private Office Siap Untuk Digunakan

Selanjutnya kriteria yang baik untuk private office adalah ruangan telah siap untuk digunakan, yang berarti telah tersedia berbagai peralatan minor untuk bekerja, seperti kursi dan meja.

Akan lebih baik lagi jika kamu bisa mendapatkan jasa sewa kantor yang turut menyediakan mesin printer, TV atau bahkan ada tambahan ruangan khusus untuk atasan.

Kriteria 3: Kapasitas Ruangan

Hal penting lainnya yang mesti menjadi perhatian kamu adalah melihat seberapa besar ruangan agar bisa menampung seluruh anggota tim startup kamu.

Carilah private office yang nyaman dan sekaligus mampu menciptakan atmosfir kerja yang fun sehingga kerja sama tim selalu solid.

Kriteria 4: Sudah Termasuk Biaya Pemeliharaan

Salah satu hal penting sebelum menyewa private office adalah membaca detail ketentuan sewa kantor. Hal ini dikarenakan ada beberapa coworking space yang tidak memasukkan biaya pemeliharaan, sehingga per bulannya kamu diwajibkan untuk membayar biaya maintenance.

Baiknya, temukan coworking space yang telah memasukkan biaya pemeliharaan sehingga bisa menghemat pengeluaran perusahaan startup mu.

Kriteria 5: Private Office Memiliki Teknologi Terkini

Ini hal yang harus kamu waspadai sebelum sewa kantor karena tak jarang pemilik properti tidak memperbaharui atau menyediakan alat-alat yang seharusnya sudah menjadi standar umum.

Perhatikan betul merek atau kabel seperti apa yang digunakan, misalnya saja fasilitas TV. Apakah sudah memiliki akses kabel sambung yang terkini atau ternyata malah “kadaluwarsa”? Karena ini bisa menghamburkan uang perusahaan startup mu jika harus membeli alat-alatnya lagi.

Kriteria 6: Akses dan Lokasi

Sebelum memutuskan kantor apa yang ingin disewa, kamu perlu mempertanyakan apakah lokasi private office mudah diakses oleh publik transportasi, seperti MRT, KRL atau Transjakarta? Apakah kantor juga memiliki lahan besar untuk parkir? Apakah kantor dekat dengan berbagai tempat makan dan akses hiburan?

Hal ini sangat penting agar bisa mengukur biaya personal yang harus dikeluarkan, baik oleh kamu maupun anggota tim startup nantinya.

Itulah 6 kriteria yang menurut Deskby bisa kamu jadikan panduan untuk menentukan private office yang baik dan berkualitas. Jangan lupa kalau mau sewa kantor selalu di Deskby!

Share: