Jangan Sampai Salah Pilih, 5 Hal yang Wajib Anda Pertimbangkan Sebelum Menyewa Coworking Space

Sharing desk

Generasi milenial mungkin tidak asing lagi dengan istilah coworking space. Tempat ini bukan hanya terkenal untuk kalangan pengusaha startup saja, tapi juga freelancer, pekerja remote, hingga mahasiswa. Jika Anda mendengar istilah coworking space, Anda mungkin akan membayangkan satu ruangan yang digunakan oleh banyak orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda.

Namun nyatanya, konsep tersebut hanya merupakan salah satu jenis coworking space yang dikenal dengan nama sharing desk. Terdapat berbagai jenis coworking space lain yang menawarkan berbagai fasilitas dan harga yang bervariasi, contohnya seperti Serviced Office dan Virtual Office.

Jika Anda bingung mengenai jenis coworking space mana yang harus Anda pilih, ini 5 hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

Fasilitas yang Anda Butuhkan

Secara umum, serviced office dan sharing desk menawarkan fasilitas yang tidak terlalu berbeda jauh. Bedanya, Anda tidak bisa mengubah tata letak ruang atau dekorasi ketika menyewa sharing desk mengingat bahwa ruang tersebut digunakan bersama-sama dengan penyewa lain.

Sementara itu, virtual office biasanya tidak menawarkan ruang fisik, meskipun beberapa diantaranya juga dilengkapi dengan ruang yang bisa Anda kunjungi ketika harus bertemu klien atau mengadakan rapat. Namun, Anda tidak bisa mengharapkan fasilitas lain seperti dapur, ruang istirahat atau fasilitas lain yang dimiliki oleh coworking space pada umumnya. Lalu, kenapa banyak pengusaha yang menyewa virtual office?

Dengan harga yang relatif murah, Anda bisa memperoleh alamat usaha di lokasi terkenal, serta berbagai fasilitas penting seperti resepsionis dan virtual staff. Jika Anda mengutamakan citra bisnis dan tidak mencari fasilitas pelengkap lain, maka jenis coworking space ini bisa Anda pertimbangkan.

Jumlah Anggaran yang Anda Miliki

Serviced office ditawarkan dengan harga yang bervariasi mulai dari 3 juta hingga 30 juta per bulan. Sementara itu, virtual office bisa Anda sewa dengan harga yang jauh lebih murah, yaitu mulai dari 300 ribu per bulan. Hal ini wajar mengingat virtual office hanya menawarkan fasilitas kantor tanpa ruang kantor fisik. Jika Anda memiliki budget terbatas tapi membutuhkan kantor fisik, Anda mungkin bisa mempertimbangkan sharing desk yang bisa Anda sewa mulai dari harga 1 juta per bulannya.

Luas Office Space yang Anda Butuhkan

Setiap jenis coworking space menawarkan kapasitas yang berbeda-beda. Secara umum, sharing desk dan serviced office memiliki kapasitas yang bervariasi dan bisa menampung mulai dari satu orang hingga puluhan orang.

Namun untuk sharing desk, Anda kemungkinan harus berbagi ruang kerja dengan karyawan dari perusahaan lain sehingga luas office space Anda juga akan lebih dibatasi. Kelebihannya, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memperluas networking Anda serta mempelajari banyak hal baru.

Lama Waktu Penyewaan

Sharing desk memang terkenal menawarkan berbagai pilihan dan fleksibilitas. Rentang waktu penyewaan pun beragam mulai dari per jam, per hari, per bulan hingga per tahun. Kebebasan ini tidak ditawarkan oleh serviced office dan virtual office yang biasanya disewa dalam jangka waktu per bulan atau per tahun.

Jenis Bisnis Startup Anda

Jika bisnis Anda memungkinkan kedatangan klien ke kantor Anda, maka Anda lebih baik menyewa serviced office. Selain privasi yang lebih terjaga, Anda juga bisa menunjukkan profesionalitas dan brand startup Anda dengan memasang logo di pintu pembatas. Hal ini tidak bisa Anda lakukan pada sharing desk atau virtual office.

Memilih coworking space bisa menjadi keputusan yang sulit karena banyaknya opsi yang ditawarkan saat ini. Sebelum Anda memutuskan, pertimbangkan baik-baik terlebih dahulu 5 faktor diatas agar Anda tidak salah memilih. Dengan office space yang tepat, dijamin produktivitas Anda dan rekan setim juga akan meningkat!

Share: